REWARD LOMBA FOTOGRAFI HARGANAS XXVI TINGKAT PROVINSI NTB

Mataram – BkkbN online : Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

 

Sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diselenggarakan setiap tanggal 29 Juni. Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara. Keluarga akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan tersebut sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi.

Keluarga sebagai soko guru bangsa, keluarga sebagai wadah utama dan pertama dalam membina anak-anak. Secara nasional peringatan Harganas telah dilaksanakan selama 26 tahun, sementara itu untuk tahun 2019 ini pelaksanaan hari keluarga Tingkat Provinsi Nusa tenggara Barat dilaksanakan di Kabupaten Bima. Salah satu rangkaian kegiatan Harganas XXVI tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat ini adalah lomba foto keluarga dengan mengusung tema “ Bahagia Bersama Keluarga”.

 

Hari ini Jumat 5 Juli 2019 bertempat diruang utama Pendopo Gubernur NTB dilaksanakan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba foto sebagai salah satu rangkaian peringatan Harganas XXVI tingkat Provinsi NTB.  Dalam kegiatan tersebut para pemenang lomba langsung diundang oleh Ibu Gubernur Nusa Tenggara (Hj. Niken Saptarini Widyawati, SE, M.Sc) yang juga ketua umum TP PKK Provinsi NTB, juga sebagai ketua umum peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXVI tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berlokasi di Kabupaten Bima yang dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Juni 2019 yang lalu.

Hj. Niken melakukan diskusi dengan para pemenang lomba sebelum memberikan sambutan dan memberikan hadiah bagi para pemenang lomba. Wawan sebagai pemenang pertama (juara I) lomba foto menceritakan bahwa kegiatan seperti lomba foto tersebut harus rutin dilakukan bukan hanya bertema keluarga akan tetapi bisa bertema yang lainnya karena berdampak kepada merangsang kreatifitas para pemuda/pemudi khususnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat agar supaya bisa menyalurkan hobi mereka daripada harus melakukan kegiatan – kegiatan yang bernuansa dan berdampak negative, terangnya.

 

Sementara itu pemenang utama lomba vlog juga dengan nama yang sama yaitu Wawan yang juga dikenal sebagai raja dongeng tersebut bercerita bahwa, di dalam video tersebut beliau ingin menyampaikan pesan bahwa di dalam keluarga harus mempunyai dua hal yaitu iman dan ilmu. Jika dua hal tersebut ada di dalam kehidupan berkeluarga maka keluarga tersebut secara otomatis akan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah. Wawan si raja dongeng tidak menyangka akan meraih juara I pada ajang lomba Video keluarga tersebut karena seperti disampaikan bahwa video tersebut sesungguhnya dipersembahkan buat masyarakat untuk bisa menginspirasi supaya di dalam keluarga harus dipupuk iman dan ilmu sejak dini sehingga anak – anak akan memiliki karakter yang kuat sebagai generasi penerus bangsa.

Intinya adalah para pemenang lomba mendapatkan inspirasi dari sekeliling mereka bahwa banyak terjadi permasalahan di dalam keluarga yang notabene menjadi pintu utama mendidik putera puteri kita. Bahwa kebahagiaan itu semata – mata tidak didapatkan melalui pola hidup bermewah – mewahan ataupun berlibur mahal akan tetapi dengan hidup sederhana tapi bersama dan bisa berlibur di tempat – tempat seputaran pun akan membahagian ketika dilakukan bersama – sama dengan keluarga tercinta sehingga tercipta hubungan yang harmonis dengan keluarga, imbuh Herman salah satu pemenag lomba foto keluarga.

Dalam kesempatan yang sama, Drs Syamsul Anam, MPH sebagai perwakilan dari BKKBN Provinsi NTB yang ikut hadir menyampaikan bahwa, lomba fotografi ini agar tidak hanya sampai di sini akan tetapi diharapkan para pemenang bisa lebih berkontribusi lagi untuk mengabadikan sekaligus mempublikasikan program pemerintah yaitu Kampung KB agar supaya sector terkait bahkan masyarakat bisa lebih mengetahui informasi tentang Kampung KB yang ada di setiap Kecamatan di 10 Kabupaten/Kota di NTB. Diharapkan para pemenang bisa menggambarkan Kampung KB tersebut melalui tulisan – tulisan atau artikel sehingga nantinya bisa dipublikasikan di portal ntb.bkkbn.go.id dan kampungkb.bkkbn.go.id.

Diakhir diskusi Hj. Niken Saptarini Widyawati berpesan bahwa, dengan lomba foto keluarga tersebut diharapkan akan lebih berdampak kepada semakin kuatnya nilai – nilai kekeluargaan kepada seluruh masyarakat NTB, dan diharapkan semua sector bisa melakukan hal yang sama untuk menumbuhkan kretaifitas para pemuda penerus bangsa untuk lebih menyalurkan minat dan bakat kea rah yang positif. Dan Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB dalam kesempatan yang sama melaporkan bahwa peserta yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 230 orang yang dibagi menjadi du kategori yaitu lomba foto keluarga dan Video keluarga dengan rincian hadiah yaitu juara I mendapatkan hadiah unag sebesar Rp. 5.000.000,- , juara II mendapatkan Rp. 3.000.000,- dan juara III mendapatkan Rp. 2.000.000,- untuk masing – masing lomba.

Setelah pembagian hadiah, Hj. Niken Saptarini Widyawati berkesempatan mengajak para pemenang lomba berfoto bersama untuk mengabadikan moment tersebut, dan terlihat para pemenang lomba sangat antusias berpose bersama Ibu Gubernur Nusa Tenggara Barat tersebut, dan sebagai hadiah tambahan bagi para pemenang dan peserta pertemuan, Hj. Niken Saptarini Widyawati menyiapkan santap siang berupa bakso dan siomay bagi semua tamu undangan untuk bersantap bersama sebelum akhirnya berpamitan.