PENJAJAGAN, KOMPILASI DATA PROFIL KABUPATEN LOMBOK BARAT

Mataram – BkkbN online : Kemarin Senin 29 Juli 2019 Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar kegiatan pertemuan Penjajakan, Kompilasi Data Profil Program KKBPK di Kabupaten Lombok Barat yang dihadirilangsung oleh Kepala Dinas OPD KB Kabupaten Lombok Barat yaitu Ramdhan, S.Sos. dalam kesempatan tersebut langsung dibuka oleh Pak Ramdhan, beliau menyampaikan bahwa kondisi negara – negara berkembang seperti Indonesia, mempunyai kecenderungan memiliki jumlah pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali, kualitas pendidikan yang rendah serta tingkat kesejahteraan yang jauh di bawah     rata – rata, angka pengangguran juga cukup tinggi akibat kurangnya lapangan pekerjaaan. Semua itu akan menjadi beban bagi pemerintah karena dalam situasi yang demikian sangat rentan untuk terjadinya kerawanan sosial.

Kondisi yang demikian, jika tidak segera diatasi akan membawa kita kepada keadaan yang jauh lebih buruk atau dengan kata lain jumlah penduduk yang besar jika tidak terarah justru akan membawa masalah yang serius bagi pemerintah. Dilanjutkan lagi bahwa dewasa ini seringkali diberitakan terjadinya kerawanan sosial berupa gangguan kamtibmas seperti : perampokan, pemerkosaan, penyerobotan tanah serta yang lainnya. Semua masalah sosial tersebut bisa terjadi karena penduduk yang banyak dan tidak terkendali yang butuh makan (pangan), butuh pakaian (sandang), butuh pendidikan, sementara kemampuan mereka untuk memenuhinya sangat terbatas.

Dalam kesempatan yang sama Lalu Agustan Kusumaredi alias lalu Sten Cantha selaku pelaksana kegiatan yang juga Kasubbid Penetapan Parameter Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat menyampaikan dalam paparannya bahwa, tujuan kegiatan Fasilitasi Penjajagan, Kompilasi Data Profil Serta Pertemuan Koordinasi Penyusunan Profil & Parameter Program KKBPK Tingkat. Kabupaten Lombok Barat adalah : bertujuan untuk melakukan penjajakan data sekaligus memberikan gambaran serta informasi tentang kondisi riil kependudukan dan pelaksanaan program KB di Kabupaten Lombok Barat khususnya yang diamati dari aspek – aspek  kesehatan, pendidikan, pertanian, ketenagakerjaan dan Keluarga Berencana. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin 27 Juli 2019 di aula kantor OPD KB Kabupaten Lombok Barat di Gerung dengan Tim Fasilitator/Narasumber Fasilitasi Penjajagan, Kompilasi Data Profil Serta Pertemuan Koordinasi Penyusunan Profil & Parameter Program KKBPK terdiri dari : Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat;  Kasubbid Penetapan Parameter Kependudukan Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan melibatkan pesertadari lintas sector terdiri dari 10 orang mitra kerja daerah sbb : OPD KB, Bappeda, Disnakertrans, Dukcapil, Dikpora, Dikes, Diskominfotik, Dinas Sosial, BPS, dan Koalisi Kependudukan.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat menyampaikan dalam paparannya bahwa profil kependudukan bisa menjadi rujukan perencanaan pembangunan daerah ketika isi yang dimuat adalah sesuai dengan data – data yang ada pada daerah tersebut. Dan hasil yang diharapkan dari pertemuan tersebut adalah Teridentifikasinya permasalahan utama dampak pengendalian penduduk, dan Terbitnya buku Profil Kependudukan Tingkat Kabupaten Lombok Barat.

Kepala  OPD KB Kabupaten Lombok Barat dalam menutup kegiatan tersebut menyampaikan bahwa data adalah modal yang harus dimiliki oleh setiap sector atau instansi sebagai dasar melakukan kajian dan analisi untuk melakukan intervensi program pembangunan, akan tetapi data tersebut haruslah data yang akuran dan up to date sehingga bisa dilakukan perencanaan yang optimal, hal tersebut harus menggandeng dan mengajak semua lintas sector terkait baik itu BPS, Dukcapil, Dikbud dan lain sebagainya untuk sama – sama mengkaji data – data yang ada untuk disepakati data mana yang harus digunakan untuk mendesain program – program pembangunan dan perencanaan pembangunan, demikian tegasnya. (SC)