AGUSTUS, BULAN VITAMIN A

Pemerintah, melalui Depertemen Kesehatan menetapkan bahwa setiap bulan Pebruari dan Agustus ditetapkan sebagai bulan Vitamin A. Pada kedua bulan ini dilakukan pembagian suplementasi vitamin A Kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan. Vitamin A kapsul merah juga diberikan kepada ibu yang dalam masa nifas.

Retinol atau biasa disebut Vitamin A adalah salah satu vitamin yang berperan penting dalam perkembangan dan kinerja berbagai organ tubuh, seperti mata, kulit, pertumbuhan, dan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan, misalnya hati, susu, keju, yoghurt, telur, melon, mangga, bayam, wortel, serta minyak ikan laut.

Vitamin A terlibat dalam pembentukan, produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Vitamin A juga dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Fungsi utama suplemen vitamin A adalah untuk mencegah dan mengobati defisiensi vitamin A. Penderita diabetes, hipertiroidisme dan penyakit hati merupakan contoh orang-orang yang biasanya menderita defisiensi vitamin A. Suplemen vitamin A tersedia dalam berbagai merek yang bisa dibeli secara bebas di apotek.

Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare.

Untuk memenuhi kecukupan asupan vitamin A nasional, Pemerintah Indonesia menjalankan program pemberian kapsul vitamin A setiap tahun bagi anak usia 6 hingga 59 bulan yang diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya. Pemberian kapsul vitamin A diberikan setiap bulan Februari dan Agustus di Puskesmas dan Posyandu. Terdapat dua jenis kapsul, yaitu kapsul biru (dosis vitamin A 100.000 IU) untuk bayi berusia 6 hingga 11 bulan dan kapsul merah (dosis vitamin A 200.000 IU) untuk anak berusia 12 hingga 59 bulan serta ibu dalam masa nifas. Pemberian vitamin dosis tinggi ini dapat mengurangi risiko kematian akibat campak pada anak usia di bawah 2 tahun.

Dimana sih mendapatkannya? Kapsul vitamin A bisa diperoleh di Sarana fasilitas kesehatan (rumah sakit, puskesmas, pustu, poskesdes/polindes, balai pengobatan, praktek dokter, bidan praktek swasta) atau Posyandu. GRATISS..!! jadi tunggu apa lagi? ayo bawa Balita ke Posyandu. (Saiful A.)