PENJAJAKAN DAN KOMPILASI PROFIL KABUPATEN LOMBOK UTARA

Mataram – BkkbN online : Profil Kependudukan dan Keluarga Berencana serta Pembangunan Keluarga merupakan salah satu tool atau alat yang bisa digunakan untuk melakukan perencanaan pembangunan daerah, tentu dengan kualitas profil yang bisa merepresentatif daripada kondisi suatu wilayah sehingga bisa terbaca dengan baik dan bisa dilakukan analisa lebih dalam lagi tentang indikator mana yang harus lebih diintervensi lagi sehingga tercapai target pembangunan daerah. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Nuzulul Kuswan, S.Sos dalam paparannya beberapa hari lalu, Kamis 8 Agustsus 2019 di kantor OPD KB Kabupaten Lombok Utara pada kegiatan fasilitasi penjajakan kompilasi data profil dan parameter program KKBPK tingkat Kabupaten/Kota.

Kuswan berharap bahwa hasil penjajakan dan kompilasi data profil tersebut tidak hanya disusun dan dianalisa oleh OPD KB Lombok Utara, akan tetapi harus bekerjasama dengan lintas sektor baik itu BPS, Dukcapil, Bappeda, Kominfotik, Disnakertrans, Kemenag, Dinas Pertanian dan sebagainya sehingga profil kependudukan dan keluafrga berencana serta pembangunan keluarga tersebut lebih sempurna dan berkualitas dan merasa dimiliki oleh semua sektor sehingga pemanfaatannya juga bisa maksimal.

Hal senada juga diungkapkan Rinatip,SH selaku Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Penggerakan OPD KB Kabupaten Lombok Utara, bahwa penjajakan dan kompilasi data profil tersebut sesungguhnya adalah agenda yang sangat bermanfaat terkait penanganan permasalahan kependudukan khususnya di Kabupaten Lombok Utara. Jika profil tersebut nantinya sudah bisa disempurnakan atau diupdating maka akan memberikan dampak yang luar biasa karena akan memberikan gambaran secara jelas tentang kondisi suatu wilayah khususnya Lombok Utara, dan diharapkan bisa memberikan langkah – langkah strategis untuk melakukan intervensi dalam bentuk program – program kerja daerah.

Lalu Sten Cantah selaku pelaksana kegiatan dan juga Kasubbid Penetapan Parameter Kependudukan dalamm paparannya menyampaikan bahwa, Tujuan kegiatan Fasilitasi Penjajagan, Kompilasi Data Profil Serta Pertemuan Koordinasi Penyusunan Profil & Parameter Program KKBPK Tingkat Kabupaten/Kota khususnya Lombok Utara adalah bertujuan untuk memberikan gambaran serta informasi tentang kondisi riil kependudukan dan pelaksanaan program KB di Kabupaten Lombok Utara yang diamati dari aspek – aspek  kesehatan, pendidikan, pertanian, ketenagakerjaan dan Keluarga Berencana.

Program Kependudukan dan Keluarga Berencana dicanangkan oleh pemerintah sejak beberapa dekade lalu adalah dimaksudkan untuk menata penduduk agar tidak tumbuh secara liar. Disamping mengatur jumlah penduduk, program ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Mengingat pentingnya program ini, maka kita semua harus mendukungnya. Pernyataan ini sejalan dengan amanat dari Undang-undang Republik Indonesia No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yang menyatakan bahwa dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas dilakukan berbagai upaya, yaitu: pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk pada seluruh dimensinya, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, penyiapan dan pengaturan perkawinan serta kehamilan.

Dilanjutkan Sten Cantha sapaan akrabnya bahwa yang terpenting adalah hasil yang diharapkan pada Kegiatan Fasilitasi Penjajagan, Kompilasi Data Profil Serta Pertemuan Koordinasi Penyusunan Profil & Parameter Program KKBPK Tingkat Kabupaten Lombok Utara tersebut adalah Teridentifikasinya permasalahan utama dampak pengendalian penduduk khususnya di Kabupaten Lombok Utara dan tersusunya data – data yang mendukung terbitnya buku Profil Kependudukan Tingkat Kabupaten Lombok Utara. (SC)