UPDATING PROFIL KAB. LOTENG

Mataram – BkkbN online : Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) adalah program yang sangat strategis di dalam pengelolaan pembangunan penduduk. Di samping mengatur jumlah penduduk, program ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Mengingat pentingnya program ini, maka kita semua harus mendukungnya. Pernyataan ini sejalan dengan amanat dari Undang-undang Republik Indonesia No 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga yang menyatakan bahwa dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas dilakukan berbagai upaya, yaitu : pengendalian angka kelahiran, penurunan angka kematian, pengarahan mobilitas penduduk, pengembangan kualitas penduduk pada seluruh dimensinya, peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, penyiapan dan pengaturan perkawinan serta kehamilan. Demikian disampaikan Drs. Muliahardi Yunus selaku kepala dinas OPD Kb Kabupaten Lombok Tengah dalam arahan pada acara pembukaan Monitoring dan Evaluasi penyusunan profil kependudukan dan program KKBPK kemarin Selasa 3 September 2019.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat Lalu Nuzulul Kuswan, S.Sos menyampaikan dalam paparannya bahwa profil kependudukan yang sedang disusun adalah dari, oleh dan untuk kita semua, yaitu sebagai panduan semua lintas sector di dalam merencanakan pembangunan daerah sehingga benar – benar lebih focus pada sasaran pembangunan. Tentu saja penyusunan profil tersebut tidak lepas dari kerjasama antar semua sector sehingga memungkinkan isi ataupun konten dari profil tersebut lebih berkualitas.

Dalam kesempatan yang sama Lalu Sten Cantha selaku Kasubbid Penetapan Parameter kependudukan juga menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Profil dan Parameter Perencanaan Pengendalian Penduduk tersebut adalah : bertujuan untuk melakukan pembinaan penyusunan profil tentang informasi kondisi riil kependudukan dan pelaksanaan program KKBPK di Kabupaten/Kota Se – Nusa Tenggara Barat khususnya di Kabupaten Lombok Tengah yang diamati dari aspek – aspek  kesehatan, pendidikan, pertanian, ketenagakerjaan dan Keluarga Berencana dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 September 2019 bertempat di aula Bappeda Kabupaten Lombok Tengah.

Disampaikan Ir. Saharuddin dalam paparan draft profil yang disusun bahwa data – data lintas sector sebagai bahan di dalam updating profil akan segera diolah dan dilengkapi sehingga tahun 2019 ini Kabupaten Lombok Tengah mempunyai profil yang up to date sebagai dasar perencanaan program di tahun 2020. Demikian juga Aan selaku Kasubbid pembangunan Bappeda Lombok Tengah sangat antusias untuk melakukan penyusunan profil tersebut karena tentu saja sangat berkaitan erat dengan visi misi Kepala Daerah di dalam melaksanakan kewajiban membangun masyarakat yang adil dan sejahtera.

Demikian pun di dalam sesi diskusi, semua peserta diberikan kesempatan menyampaikan data terkait sector masing – masing seperti BPS, Dinas Kesehtan, Dinas Dukcapil, Dinas Pendidikan, Disnakertrans, Dinas Sosial, Dinas Kominfo, Kemenag dan TP PKK Kabupaten Lombok Tengah. Bahwa lintas sector siap diajak bekerjasama demi menuju pembangunan Kabupaten Lombok Tengah. (SC)