PEDULI LANSIA FORUM KADER DANGER

Lansia Tangguh adalahseseorang atau kelompok lansia yang sehat (secara fisik, sosial, mental, aktif, produkti fdan mandiri). Lansia akan merasa bahagia bila hidup dalam lingkungan keluarga, anak,  cucu, karena akan lebih terlayani, terawatt, dan terlindungi sehingga peran keluarga sangat penting untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi lansia untuk menjadi lansia tangguh.

Dalam rangka menumbuhkan kepedulian terhadap lansia, FORUM KADER DESA DANGER bekerjasama dengan PKK Desa, PLKB/PKB, Bidan Desa, PUSTU dan Kaukus PERWADA, melaksanakan pelayanan PEDULI LANSIA yang dilaksanakan di semua dusun di desa Danger untuk memberikan pelayanan ke semua lansia dengan tujuan agar lansia selalu tetap dihargai sebagai subjek maupun objek  Keluarga sebaiknya mendukung kebutuhan lansia untuk tetap berbuat sesuatu ,maupun berkarya , sehingga sisa hidupnya masih berarti bagi keluarga, sesame maupun bangsanya.

PEDULI LANSIA melaksanakan program untuk menumbuhkan minat social kemasyarakatan dengan kegiatan diantaranya yakni : memberikan santunan kepada lansia, melakukan silaturrahmi dan mengunjungi lansia yang sakit serta melayat kelansia yang meninggal. PEDULI LANSIA melakukan kunjungan langsung ke lansia dengan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan memberikan santunan berupa sembako dan obat-obtan dengan pengumpulan dana dalam bentuk kassosial rutin yang di galang secara iuran tiap bulan oleh Forum Kader, PKK Desa, PLKB/PKB, Bidan Desa, PUSTU dan Kaukus PERWADA,   Pelayanan kesehatan gratis dilakukan dengan berkunjung langsung ke rumah-rumah lansia yanga ada di desa Danger sesuai jadwal yang telah ditentukan untuk menanamkan kesadaran bahwa lansia pada umumnya rentanterhadap penyakit akibat menurunnya fungsi dan kemampuan tubuh. Oleh karena itu, sangat penting bagi lansia untuk senantiasa menjaga kesehatannya sekaligus sebagai ajang silaturrahmi yang merupakan terapi yang sehat bagi lansia karena dapat menghibur dan mengurangi penderitaan lansia sekaligus  berbagi kebahagian. Peduli lansia akan terus berlanjut sampai memberikan penghormatan terakhir ke lansia yang meninggal yang merupakan wujud rasa empati terhadap lansia untuk menanamkan kesadaran bahwa usia senja merupakan waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri pada ALLAH SWT / Tuhan Yang Maha Esa untuk terus berusaha agar sisa waktunya diisi dengan hal-hal yang bermanfaat.

PEDULI LANSIA merupakan wujud pembinaan sosial kemasyarakan bagi lansia dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi lansia. Manfaat sosial kemasyarakatan bagi lansia ini untuk memupuk kebersamaan terhadap lansia dan keluarganya, menghormati jasa lansia, sebagai rasa hormat dan cinta kasih keluarga kepada orangtuanya, kakek neneknya, dan handaitaulan, karena keadaan keluarga saat ini adalah hasil kasih sayang , jasa dan didikan dari lansia-lansia kita dahulu. Serta tolong –menolong dan menunjukkan empati rasa kepedulian terhadap lansia dan keluarganya.

LANSIA SEHAT DAN TANGGUH ADALAH TANGGUNG JAWAB KITA BERSAMA

MAJU TERUS PEDULI LANSIA FORUM KADER DESA DANGER  (SRI WAHYUNI, SE)