Hari Kontrasepsi Sedunia; BKKBN Perwakilan NTB Tingkatkan Pelayanan KB Menuju NTB Gemilang

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan senam Maumere dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia pada jumat (20/09) di halaman kantor BKKBN Perwakilan NTB.

Kegiatan yang bertajuk meningkatkan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi guna mencapai Indonesia sehat ini, dihadiri oleh sekitar 250 peserta, diantaranya dari Perwakilan BKKBN NTB, Paguyuban Juang Kencana (PJK), Penyuluh Keluarga Berencana (PKB), Dharma Wanita Persatuan BKKBN NTB, Organisasi Perangka Daerah (OPD) KB kabupaten/kota se Pulau Lombok, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Provinsi NTB, Generasi Berencana (GenRe), mitra kerja dan stekholder terkait.

Kepala BKKBN Perwakilan NTB, Dr, Drs Lalu Makripuddin, M.Si, menghimbau agar pelayanan KB ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan kualitas masyarakat menuju NTB gemilang.

“Melalui Hari Kontrasepsi Sedunia ini, kita tingkatkan pelayanan (alat kontrasepsi) KB guna mencegah kematian ibu dan bayi, meningkatkan kualitas masyarakat menuju NTB gemilang” tegas Makripuddin.

Adapun rangkaian kegiatan Hari Kontrasepsi Sedunia yang disebutkan dalam sambutan Drs. Samsul Anam, M.P.H selaku kabid Adpin, diantaranya adalah kegiatan pelayanan di seluruh klinik NTB yang menghasilkan 6.250 akseptor, talk show bersama IDI, kegiatan Free service training bersama Universitas Mataram (UNRAM), kegiatan pembinaan 1.000 hari kehidupan terhadap sasaran di kabupaten/kota, kegiatan promosi advokasi KIP bersama mitra kerja BPR RI di Tanjung Luar dan acara pameran yang dirangkaikan dengan IDI di Lombok Epicentrum Mall (LEM).

“Pada 22 September nanti akan ada kegiatan pameran yang dirangkaikan dengan IDI di LEM. Kami berharap bapak/ibu menyampaikannya kepada masyarakat karena akan dilaksanakan pelayanan dan langsung ditangani oleh SPJK.” Ungkap Samsul dalam laporannya.

Kegiatan ini berjalan lancar dan mengasyikan, diakhiri dengan Flash Mob oleh GenRe dengan membagikan doorprize kepada peserta yang beruntung serta acara makan bersama di ruang makan Latbang. (lola)