PIK-R HAMZANWADI ADAKAN LOMBA AJANG KREATIVITAS REMAJA

Permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks mulai dari jumlahnya yang cukup besar hingga permasalahan seputar kesehatan reproduksi remaja. Berdasarkan hasil proyeksi penduduk, jumlah remaja di Indonesia pada tahun 2016 diperkirakan sekitar 66,3 juta (Bappenas, BPS, UNFPA, 2013). Jumlah yang sangat besar tersebut adalah potensi yang memerlukan pengelolaan yang terencana, sistematis dan terstruktur agar dapat dimanfaatkan menjadi modal pembangunan kedepan.

Disamping jumlahnya yang banyak, tercatat angka kelahiran di usia remaja masih tinggi. Berdasarkan hasil SDKI 2017, di Indonesia Age Specific Fertility Rate (ASFR untuk kelompok umur 15-19) adalah sebesar 36 per 1000 perempuan, yang artinya dari 1000 remaja perempuan yang berusia 15-19 tahun, terdapat 36 kelahiran. Permasalahan lain yang cukup memprihatinkan pada remaja adalah pernikahan dini pada remaja, perilaku seks pranikah dan penyalahgunaan Napza.

Dalam rangka merespon permasalahan remaja tersebut diatas, PIK-R Hamzanwadi Universitas Hamzanwadi NW Selong Kabupaten Lombok Timur melaksanakan lomba Ajang Kreativitas PIK-R se Kabupaten Lombok Timur. Lomba yang mengambil tema “Melalui Pusat Informasi  dan Konseling Ramaja, Tunjukkan Kreativitas dan Wujudkan Generasi Gemilang” dilaksanakan mulai tanggal 29 sampai 31 Agustus 2019.

Menurut Abdul Halim Rahmatullah, ketua lomba ajang kreativitas tersebut, menyebutkan bahwa mata lomba yang dipertandingkan adalah pentas seni drama pendek, lomba poster, lomba penulisan cerita pendek (cerpen) dan lomba mini fotografi dengan tema Triad KRR, yaitu tidak nikah dini, tidak seks bebas dan tidak narkoba. Adapun peserta lomba yang telah terdaftar mencapai telah 90 orang lebih yang berasal dari 10 PIK-R se Kabupaten Lombok Timur.

Lebih lanjut Halim menjelaskan bahwa tujuan diadakannya lomba Ajang Kreativitas PIK-R ini adalah untuk menyambung silaturahmi dan  mengajak PIK-R untuk meningkatkan aktivitasnya, mensosialisasikan dan perperkenalkan PIK-R kepada remaja, memotivasi remaja untuk membangun kretivitas dirinya, meningkatkan live skillnya dan mengajak para remaja untuk menjauhkan diri dari prilaku negative serta mengajak remaja untuk menjauhi bahaya Triad KRR, meningkatnya kemampuan PIK Remaja dalam mengembangkan kegiatan yang lebih inovatif dan kreatif, meningkatnya jumlah Remaja yang mengakses PIK Remaja serta meningkatnya minat remaja untuk aktif dalam kegiatan dan pengelolaan PIK Remaja.

Selain itu, Halim mengajak para remaja untuk mengikuti Program GenRe yaitu program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana; berkarir dalam pekerjaan secara terencana; serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Pelaksanaan Lomba ajang kreativitas yang memperebutkan piala bergilir PIK-R Hamzanwadi ini, dimulai dengan menyelesaiakn lomba pentas seni/drama pendek tingkat PIK-R dan lomba mini fotografi di hari ini. Selanjutnya hari kedua, akan diselesaikan lomba Poster dan cerpen dan kegiatan puncak penyerahan hadiah lomba akan dilaksanakan hari Sabtu, 31 Agustus 2019 dan sekaligus akan ditutup dengan menampilkan kreativitas para pemenang. (Saiful A).