SMKAPER BKKBN MENGHADIRI TEMU KANGEN PAGUYUBAN MANTAN PLKB KECAMATAN MASBAGIK

Oleh : H. SAIT MASHURI, SH.

Barawal dari perbincangan di group WA mantan PLKB Kecamatan Masbagik, baru-baru ini diadakan acara temu kangen (Reuni) mantan pegawai (PLKB) dan PLKB yang masih aktif yang pernah bertugas di kecamatan Masbagik. Acara yang digagas oleh karyawan purna tugas BKKBN tersebut dilaksanakan hari Rabu yang lalu tepatnyan tanggal 25 Desember 2019 bertempat di Lesehan Bale Begibung Kelayu Kecamatan Selong.

Hadir dalam acara temu kangen tersebut Kepala Perwakilan BKKBN NTB, Mantan Kepala Kantor KB Lombok Timur, Mantan Pengawas PLKB/Ka.UPTD KB kecamatan Masbagik dan mantan PLKB/PKB baik yang sudah purna tugas maupun yang masih aktif. Acara yang digadang-gadang yang pertama kali di Indonesia ini diisi dengan acara ramah tamah dan penyampaian pesan dan kesan selama menjadi pegawai BKKBN.

  1. Nurudin selaku mantan Pengawas PLKB Kecamatan Masbagik dalam pesan dan kesannya menyampaikan agar teman-teman PLKB yang saat ini masih aktif berbuat dan melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik agar program KB tetap sukses. Dulu ketika saya masih kuliah saya menulis sripsi tentang KB. Pada saat itu literature tentang KB masih sulit untuk didapatkan, akhirnya saya berinisiatif untuk mencari tulisan-tulisan tentang KB ke luar daerah (Jawa). Dari sisnilah bermula saya mengenal KB dan akhirnya jadi pegawai BKKBN di era tahun delapan puluhan, begitu tutur H. Nurudin salah satu mantan Pengawas PLKB Kecamatan Masbagik.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Dr. Lalu Makripuddin bersama istri tercinta yang menyempatkan diri hadir pada temu kangen tersebut sangat mengapresiasi kegiatan  reuni mantan PLKB Kecamatan Masbagik yang baru pertama kali ini dilaksanakan. Dalam sambutan  pak Doktor yang menyunting gadis pujaannya sesama satu desa tersebut berkisah, bahwa kalau dulu beliau adalah orang yang sangat anti dengan program KB. Berbeda dengan pak Haji Nurudin yang menulis skripsi tentang KB, dulu ketika masih mahasiswa saya adalah orang yang sangat menentang KB, sehingga dosen Agama Islam  Unram pada waktu itu mengajak saya untuk diskusi secara khusus tentang KB. Namun seiring dengan berjalannya waktu sayapun melamar menjadi pegawai BKKBN dan Alhamdulillah diterima menjadi Ajun Penyuluh KB yang pertama di Lombok Timur. Dari kecamatan masbagiklah saya memulai karir sebagai petugas lapangan Penyuluh KB (Ajun PKB) dan akhirnya hingga kini menjadi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB.

Paguyuban mantan penyuluh KB Kecamatan Masbagik diharapkaan dapat dipermanenkan menjadi paguyuban yang resmi yang menampung para pensiunan Penyuluh KB. Ke depan diharapkan paguyuban ini dapat berperan aktif membantu menyampaikan program-program KKBPK ke masyarakat meskipun sudah tidak aktif lagi sebagai pegawai BKKBN. Oleh karena itu kepada para Penyuluh KB agar dapat bermitra dengan para seniornya yang kini tergabung dalam wadah “Paguyuban mantan Penyuluh KB” di masing-masing kecamatan.

Dalam reuni yang pertama ini ditetapkan sebagai Ketua adalah Drs. Sutarman Yuliadi, Sekretaris Drs. Nurudin dan bendahara Baiq Seruni Hati.

Hadir dalam reuni kali ini disamping mantan PLKB dan PKB aktif, juga mantan Pengawas PLKB/Ka.UPTD KB baik yang sudah pension maupun yang masih aktif. Hadir juga pada kesempatan tersebut mantan Kepala Kantor KB Lombok Timur di era Desentralisasi Drs. Muhammad Thuhri. Dalam penyampaian pesan dan kesannya beliau memohon maaf kepada semua PLKB baik yang sudah pensiun maupun yang masih aktif bila selama menjabat ada tutur kata dan kebijakan-kebijakan yang tidak berkenan bagi PLKB. Sebelum mengakhiri sambutannya beliau berpesan agar para PLKB yang mendekati purna tugas menyiapkan diri secara mental agar tidak terkena penyakit power syndrome, karena berdasarkan pengalaman dan penglihatan beliau banyak sekali PNS yang tidak siap mental ketika akan memasuki purna tugas. Demikian pesan mantan Kepala Kantor KB Lombok Timur yang kini masih energik dan aktif sebagai pengurus Yayasan Pendidikan Muhammadiayah sekaligus Dosen di STIA Muhammadiyah Selong tersebut.

Dipenghujung tahun ini masih banyak agenda Bapak Kaper BKKBN NTB, diantaranya selepas acara ini beliau akan menghadiri acara peresmian Kelompok Pik R di SMK NW Jurit dan keliling ke beberapa kabupaten/ kota untuk kegiatan advokasi terkait dengan beberapa permaslahan interen BKKBN. Namun  sebelum meninggalkan acara ini beliau menyempatkan diri untuk foto bersama dengan para mantan PLKB kecamatan Masbagik.

Semoga kebersmaan ini tetap terkenang sepanjang jaman sebagai bentuk ikatan emosional kita sebagai Penyuluh KB dan mantan pegawai BKKBN Lotim.