PERTEMUAN PENGUATAN LINI LAPANGAN BAGI PKB DAN BIDAN TINGKAT KABUTEN LOMBOK TIMUR

Penyuluh Keluarga Berencana (KB) merupakan ujung tombak pengelola KB di lini lapangan. Bila dilihat dari kacamata Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) jabatannya, para Penyuluh KB adalah juru penerang ataupun agent of change pada keluarga dan masyarakat luas menuju perubahan mentalitet dari tidak mendukung menjadi mendukung program KB, dari yang dulu tidak peduli menjadi peduli, dari yang dulu tidak mau berpartisipasi menjadi aktif berperan serta, dan sebagainya.

Penyuluh KB juga merupakan salah satu komponen penting dalam upaya peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, juga sebagai indikator kemajuan yang telah dicapai oleh suatu daerah. Penyuluh KB bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam memberikan berbagai penyuluhan program KB

Peran dan Fungsi PLKB adalah merencanakan, mengorganisasikan, mengembangkan, melaporkan dan mengevaluasi program KB Nasional dan program pembangunan lainnya di tingkat Desa/Kelurahan. Disamping itu juga PKB dengan tugasnya yaitu 10 langkah PKB diantaranya adalah Pendekatan Tokoh Formal ,  Pendataan dan Pemetaan ,Pendekatan Tokoh Informal, Pembentukan Kesepakatan ,Penegasan Kesepakatan, Penerangan dan Motivasi, Penteladanan/Pembentukan Grup Pelopor, Pelayanan KB  ,Pembinaan , Pencatatan Pelaporan dan Evaluasi.

Dalam pengelolaan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), petugas penyuluh keluarga berencana (KB) dituntut profesional dalam melaksanakan Penyuluhan, Pelayanan, Penggerakan dan Pengembangan (P4) di bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Berdasarkan Hal tersebut diatas maka BKKBN Provinsi telah mengadakan pertemuan Penguatan lini lapangan.

Bertempat di Aula UPTD P3AKB kecamatan Selong  BKKBN Provinsi telah mengadakan pertemuan dalam rangka Penguatan lini lapangan bagi PKB se Kabupaten Lombok Timur ,Selasa 4 Pebruari 2020 Waktu  jam 09.00 –Selesai. Peserta yang hadir adalah Penyuluh KB ,Bidan koordinator dan operator .Peserta berjumlah 30 orang dengan rincian  PKB 16  orang

Bidan kordinator 8 orang  dan 6 orang operator KB.

Dalam pertemuan ini berkesemptan hadir kepala bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi ( ADPIN) yaitu bapak Drs Samsul Anam ,MPH dan dari bidang kabid KB dan KR adalah ibu Mia Oktora S.Sos. dan juga hadir dari Hubalila bapak Muhamad Yahidi .

Dalam sambutannya Samsul Anam menyampaikan hasil evaluasi program KKBPK selama Tahun 2019, terutama untuk kabupaten lombok timur. Evaluasi ini adalah hasil kerja dari Penyuluh kb ditingkat lini lapangan. Baik dan buruknya hasil evaluasi ini adalah  berkat hasil kerja dari Penyuluh KB dilapangan . Untuk itu diharapkan PKB lebih meningkatkan kinerjanya . Untuk kelancaran tugas dan tanggung jawab nya seorang PLKB harus mampu membangun hubungan yang baik dengan Tenaga kesehatan (medis) agar program KB dapat berjalan dengan baik dan lancar. Seorang PLKB juga diharapkan dapat memantau pelayanan KB yang ada di PKBRS, RSB, Pustu atau KKB. Disamping itu, Dokter/ Bidan Praktek Swasta hendak nya tidak luput dari pantauan PLKB, agar pelayanan dan Pencapaian peserta KB baru dapat dicatat secara keseluruhan dengan baik.

Disamping itu untuk hasil uji kompetensi tahap III masih ada Penyuluh kb dibawah standar, Lombok Timur baru lulus diatas standar sekitar 24 orang  tahap III ini, berarti masih sisa 30 orang penyuluh dibawah standar.

Dari bidang KB/KR bu Mia Oktora menyampaikan tentang pencatatan dan pelaporan di Faskes kb , adanya kekeliruan dalam menginfut data yang masuk ke F/II/kb juga perlu diperhatikan dan dicermati. Ada kasus komplikasi berat terlapor sangat banyak di F/II/KB. Kekeliruan semacam ini bisa dihindari apabila petugas dapat memilah dan mebedakan mana komplikasi berat, komplikasi ringan dan komplikasi sedang. Sistim pencatatan dan pelaporn di Faskes Kb harus juga sering dimonitor oleh PLKB agar tidak terjadi kesalahan dalam Pencatatan dan Pelaporan..

Akhir dari pertemuan ini dari bidang dalduk memyampaikan tentang Pendataan Keluarga tahun 2020 yang akan dilaksanakan sekitar bulan juni 2020, diharapkan pkb dan operator sudah siap dalam menginfut data secara online.

Sukseskan Program KKBPK Melalui PKB handal dan Pintar,  sehat ,semangat Luaar biasa

( Iva Nirmala)