PERTEMUAN PENGELOLAAN SISITIM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMSDM) PERWAKILAN BKKBN PROVINSI NTB

Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SIMSDM) merupakan salah satu bagian dari Sistem Informasi Manajemen yang dibangun dalam sebuah organisasi. Sumber daya manusia merupakan aset yang sangat berharga bagi organisasi, sehingga manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu pilar utama organisasi dalam mendukung pola penentuan strategi dan kebijakan secara terpadu. Keputusan-keputusan sumber daya manusia yang sehat harus didukung oleh informasi mengenai sumber daya manusia yang baik. SIM-SDM merupakan prosedur sistematik untuk mengumpulkan, menyimpan, mengambil, dan memvalidasi data oleh organisasi mengenai sumber daya manusia, dan kegiatan-kegiatan Kepegawaian

Mengingat sangat pentingnya pengelolaan sumber daya dalam sebuah organisasi maka diperlukan pengelolaan sistim informasi manajemen yang baik dan benar bagi personalia dalam hal ini adalah Kepegawaian dan ASN itu sendiri. Manfaat Sistem Informasi Manajemen adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan realtime, memudahkan  pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan, dan pendelegasian kerja kepada semua pegawai yang memiliki hubungan atau koordinasi .

Berdasarkan hal tersebut diatas Perwakilan BKKBN NTB telah mengadakan kegiatan Pengelolaan  Sistim Informasi Manajemen Kepegawaian hari Kamis 13 Februari 2019 Waktu 11.00 WITA- selesai.,berlokasi di Aula Sukma Rasa Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Peserta yang hadir adalah Penyuluh Keluarga Berencana wilayah pulau Lombok yaitu Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Barat dan dari Kotamadya  Mataram.Adapun jumlah peserta sosialisasi sekitar 20 orang penyuluh keluarga berencana dan juga dari pengurus DPD IPeKB NTB dan DPC IPeKB. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan secara langsung praktek pengisian SIM-SDM dan SIHARKA bagi Penyuluh Keluarga Berencana.

Dalam Kesempatan ini hadir dari bagian Kepegawaian BKKBN Provinsi  Ibu Baiq Iswani MM dan Muhammad Syukur S.PD  Dalam Pengarahannya ibu Bq Iswani menyatakan kalau data kepegawaian sangat penting dan tetap harus diupdate setiap kali ada perubahan, terutama untuk penggajian dan perubahan dalam kenaikan pangkat. Namun walaupun begitu semua item harus tetap diisi untuk kepentingan masing masing ASN. SIM-SDM merupakan wadah untuk mlihat gambaran terbaru terkait kepegawaian dari aplikasi yang berbasis website.. Aplikasi  ini berisi tentang semua data kepegawaian  penyuluh KB  yang akan digunakan untuk administrasi kenaikan pangkat , kenaikan jabatan ,penggajian dan sebagainya . SIM-SDM digunakan untuk mempermudah proses agar tidak menggunakan hard copy.Selanjutnya bapak Muhammad Syukur menyampaikan materi tentang Pengisian SIHARKA dan SIM-SDM . SIHARKA adalah sistim informasi Pelaporan Harta Kekayaan ASN, sistim ini digunakan oleh ASN untuk melaporkan harta kekayaannya atau Laporan Harta Kekayaan ASN (LHKASN ) Selanjutnya harta kekayan itu meliputi harta tidak bergerak yaitu tanah dan bangunan, harta bergerak yaitu alat transportasi peternakan ,pertanian,perikanan, batu mulia dan sebagainya , Surat Berharga seperti Saham , tabungan, uang tunai ,deposito , piutang dan penghasilan. .Untuk mengisi SPT tahunan penghasilan diatas 60 juta dan dibawah 60 juta.. Disamping harta kekayaan hutang juga harus dilaporkan

Dari Ketua DPD IPeKB Provinsi NTB Ir Saiful Anugrahadi  menyampaikan tentang hasil pertemuan selama empat hari di BKKBN Pusat yaitu untuk Dupak ada wacana untuk menyamakan semua jenjang jabatan yang ada. Dari 173 Output akan dikurangi menjadi 40 kegiatan. Penyuluh KB diminta untuk mengisi data Siga, laporan online, disamping itu Penyuluh KB sangat kurang dalam penggunaan aplikasi yang sudah disarankan seperti SKATA sebagai alat bantu dalam penyuluhan dilapangan ,jarang mau membaca buku yang sudah diterbitkan sebagai alat bantu. Penyuluh KB msih kerang dalam menggunakan konten-konten yang ada yang disiapkan untuk mempermudah pelaksanaan penyuluhan di tingkat lapangan. Untuk selanjutnya penyuluh keluarga berencana harus siap menuju perubahan , kalau tidak akan terus menjadi ketinggalan dalam segala informasi dan peningkatan pengetahuan.

Penyuluh KKBPK, pemberi  Informasi dan Edukasi kepada keluarga, semangat dalam  bekerja ,pantang menyerah dan bertanggung jawab.

Salam Penyuluh KB ,sehat ,semangat dan luar biasa ( Iva Nirmala)