PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELAWAN VIRUS CORONA

Bertolak dari 9 Nawacita, yaitu agenda Nawacita kelima , meningkatkan kualitas hidup manusia diantaranya Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Sehat, Program Indonesia Kerja dan Program Indonesia Sejahtera dilaksanakan penerapan paradigma kesehatan,penguatan pelayanan kesehatan dan Jaminan Kesehatan Nasional ( JKN ). Komunikasi Perubahan Perilaku berfokus pada masalah perilaku yang merupakan faktor paling relevan untuk memecahkan masalah kesehatan dan membawa dampak positif terhadap masalah kesehatan. Komunikasi Perubahan Perilaku mempunyai peran penting dalam menginformasikan apa yang paling sehat dilakukan dan bagaimana cara melakukannya, memotivasi, mengingatkan, menegoisasikan, mengungkap hambatan dan bahkan menurunkan hambatan perilaku internal dan eksternal serta mengusulkan strategi untuk mengatasi hambatan.

Dengan Mencuatnya Pandemi covid 19 diseluruh negara ,maka di Indonesia diterapkan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari wabah yang sangat merisaukan ini.

Ada Beberapa  indikator dalam  perilaku  hidup bersih dan sehat yaitu :

  • Menggunakan air bersih
  • Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
  • Menggunakan jamban sehat
  • Memberantas jentik nyamuk
  • Tidak Merokok dalam Rumah
  • Keluarga mempunyai akses terhadap air bersih,

Dalam Upaya menangani wabah pandemi covid 19 ini yang semakin luas, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menerapkan sosial distancing ( Langkah Penceghan ).

Ada beberapa sosial distancing yang diterapkan antara lain

  • Bekerja dari rumah
  • Belajar secara online
  • Menghindari kerumunan, seperti menunda pertemuan ,rapat dan seminar yang dianjurkan melalui media online atau Teleconfererns
  • Tidak mengunjungi orang yang yang sedang sakit
  • Menggunakan Masker
  • Menjaga jarak
  • Menjaga Imun Tubuh agar tidak cepat terjangkiti penyakit
  • Berolah raga
  • Mengkonsumsi sayur dan buah

Sebenarnya sosial distancing ini sudah lama  di perkenalkan kepada masyarakat yaitu yang sering disebut dengan pola hidup bersih dan sehat seandainya masyarakat memahami akan hal ini kemungkinan bisa mengurangi  penyebaran virus corona di indonesia. Tetapi budaya ini sekarang baru terdengar lagi setelah kemunculan si Covid 19.

Virus corona bukan hanya menimbulkan  kepanikan tetapi juga menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat yang mulai diterapkan setelah merebaknya virus corona ini..Menjaga kebersihan memang merupakan salah satu pemutus rantai penyebaran covid 19 .Menjaga kebersihan selalu digaungkan dan sangat gencar dikampanyekan antara lain mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun. Selain mencuci tangan juga yang sering didengungkan adalah menjaga imun tubuh yang dipercaya sebagai penangkal masuknya virus didalam tubuh manusia.Peningkatan imun ini dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah juga bisa mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Setelah sekian lama diberlakukan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ) sekarang sudah mulai diberlakukan New Normal atau sering diistilahkan dengan tatanan baru. New Normal lebih dimaksudkan untuk bisa hidup berdampingan dengan virus corona ,sama halnya seperti virus lainnya influenza,DBD ,HIV Aids dan banyak lagi virus lainnya, bagaimana mengenal virus itu untuk bisa mencegah penularannya.

Dalam pemberlakuan New Normal harus tetap menggunakan standar protokol kesehatan seperti yang sudah diuraikan diatas yaitu pola hidup bersih dan sehat yang ditambah dengan penggunaan masker dan jaga jarak serta hindari kerumunan. Masyarakat diminta untuk bisa berdamai dengan virus asalkan tidak meninggalkan protokol kesehatan.Pemberlakuan New Normal diberlakukan dengan syarat pengendalian kasus baru  covid 19. Pertanyaannya sudah siapkah kita untuk new normal (Tatanan Baru ),sementara kasus- kasus baru masih terus bertambah.

Dengan Merubah prilaku hidup bersih dan sehat diharapkan dapat mengurangi penyebaran virus corona ditengah masyarakat dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat .Hidup sehat harapan kita semua  ( Dari berbagai sumber )

 

oleh: Iva Nirmala

PKB Madya Kab. Lombok Timur