Pengembangan Materi dan Isi Pesan Advokasi Promosi dan KIE

Pada Jum’at, 3 Juli 2020 telah dilaksanakan Kegiatan Pengembangan Materi dan Isi Pesan Advokasi Promosi dan KIE yang diadakan oleh Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi (ADPIN) BKKBN Provinsi NTB. Berlokasi di salah satu hotel di Kota Mataram, kegiatan ini dihadiri oleh Kabid ADPIN Kabupaten/Kota, Kasubbid Advokasi, Perwakilan PKB Kabupaten/Kota se-Pulau Lombok, dan mitra kerja yang terdiri dari Ketua LKK NU NTB, Dinas Kominfotik NTB, DP3AKB NTB, dan Undikma Mataram. Kegiatan ini juga mengundang Lalu Ari Irawan sebagai pemateri. Dipandu dengan pembawa acara, kegiatan tersebut dimulai dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan Mars KB yang juga dinyanyikan bersama dengan para tamu undangan kegiatan tersebut.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Bapak dr. Rusnawi F., Sp.KK selaku Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rangkaian kegiatan ini juga menandai bahwa telah dibukanya kegiatan Pengembangan Materi dan Isi Peran Advokasi Promosi dan KIE ini secara resmi.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Drs. Samsul Anam, M.P.H selaku Kepala Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi tentang Rebranding Program Pembangungan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana yang berisi pemaparan makna filosofis bentuk dan warna dalam logo baru BKKBN, pengenalan tagline baru BKKBN, serta contoh-contoh pengaplikasian identitas baru BKKBN pada media publikasi, merchandise, dan kendaraan. Beliau juga menyampaikan hasil pencapaian PB tahun 2020.

Selanjutnya, rangkaian acara diisi oleh pemaparan Strategi Promosi, Kampanye, dan Informasi Pemerintah di Ruang Publik yang disampaikan oleh Bapak Lalu Ari Irawan selaku Sekretaris Majelis Adat Sasak yang juga menjadi dosen di Undikma Mataram. Lalu Ari Irawan menyampaikan hasil survey cepat yang sudah ia lakukan berkaitan dengan efektivitas alat promosi, kampanye, dan informasi pemerintah di ruang publik yang meliputi beberapa komponen yaitu komponen kebahasaan dan visualisasi. Juga, disampaikan beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam kampanye di ruang publik.

Setelah semua pemateri selesai menyampaikan materinya, sesi tanya jawab pun dibuka. Berbagai pertanyaan seputar promosi dan kampanye pemerintah di ruang publik dilontarkan oleh para tamu undangan yang kemudian dijawab oleh para pemateri.

Rangkaian kegiatan yang terakhir yaitu makan siang bersama kemudian dilakukan, sekaligus sebagai penutup rangkaian kegiatan Pengembangan Materi dan Isi Pesan Advokasi Promosi dan KIE siang itu.