TUNTAS ADMINDUK DI KAMPUNG KB LOMBOK TIMUR

Keberhasilan Kampung KB sangat dipengaruhi oleh lima (5) faktor utama, yaitu (1) komitmen yang kuat dari para pemangku kebijakan di semua tingkatan (kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan); (2) intensitas opini publik tentang Program KKBPK beserta integrasinya dengan lintas sektor; (3) optimalisasi fasilitasi dan dukungan mitra kerja/pemangku kepentingan; (4) semangat dan dedikasi para pengelola program di seluruh tingkatan wilayah dan para petugas lini lapangan Keluarga Berencana (Penyuluh Keluarga Berencana dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana); serta (5) perubahan mindset (pola pikir) dan motivasi masyarakat Kampung KB untuk maju dan berubah dalam mewujudkan kehidupan keluarga yang lebih baik dan berkualitas.

Salah Satu kegiatan unggulan lintas sektor Di Kabupaten Lombok Timur yang dilakukan di Kampung KB adalah Pelayanan massal Tuntas Adminduk (Administrasi Kependudukan) di Kampung KB yang merupakan kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Lombok Timur  dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL) Kabupaten Lombok Timur.

Kependudukan sebenarnya merupakan basis utama dan fokus dari segala persoalan pembangunan. Hampir semua kegiatan pembangunan, baik yang bersifat sektoral maupun lintas sektor, terarah dan terkait dengan Penduduk, atau dengan kata lain Penduduk harus menjadi subjek sekaligus objek pembangunan. Kemudahan bagi Penduduk untuk memperoleh akses pelayanan bidang kependudukan dan Pencatatan Sipil merupakan salah satu indikator keberhasilan Pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum kepada warganya.

Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Admindukcapil) adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertibandokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain. Pencatatan Sipil adalah pencatatan Peristiwa Penting yang dialami oleh seseorang dalam register Pencatatan Sipil pada Instansi Pelaksana (Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan).

Tujuan dari pelayanan Tuntas Adminduk di Kampung KB ini adalah 1. Memberikan keabsahan identitas dan kepastian hukum atas dokumen Penduduk untuk setiap Peristiwa Kependudukan dan Peristiwa Penting yang dialami oleh Penduduk; 2. Memberikan perlindungan status hak sipil Penduduk; 3. Menyediakan data dan informasi kependudukan secara nasional mengenai Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil pada berbagai tingkatan secara akurat, lengkap, mutakhir, dan mudah diakses sehingga menjadi acuan bagi perumusan kebijakan dan pembangunan pada umumnya; 4. Mewujudkan tertib Administrasi Kependudukan secara nasional dan terpadu; 5. Menyediakan data Penduduk yang menjadi rujukan dasar bagi sektor terkait dalam penyelenggaraan setiap kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

Adapun Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil  yang ingin di tuntaskan pada kegiatan pelayanan Tuntas Adminduk Di Kampung KB adalah Perbaikan dan pembuatan Kartu Keluarga (KK), Pembuatan Akte Kelahiran anak usia sekolah dari 0-17 tahun, Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) serta Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan, serta dengan tetap mengikuti protocol kesehatan.

Kegiatan terobosan yang dilaksanakan sejak awal Bulan Juli 2020 sampai dengan Hari Selasa, 9 September 2020 jumlah Kampung KB yang telah melaksanakan pelayanan Tuntan Adminduk Di Kampung KB sebanyak 7 (tujuh) Kampung KB dengan rata-rata jumlah penduduk yang dilayani mencapai 300-400 orang. Dan direncanakan, sampai akhir tahun 2020 jumlah Kampung KB yang terlayani kegiatan Tuntas Adminduk mencapai 20 kampung KB yang tersebar di 20 wilayah kecamatan se Kabupaten Lombok Timur. Dengan adanya gebrakan kegiatan Tuntas Adminduk Di Kampung KB yang merupakan pertama kali di lakukan di Kampung KB Se-Indonesia ini, diharapkan bahwa persoalan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kampung KB dapat dituntaskan. (Saiful A.).