PELATIHAN PENDATAAN KELUARGA 2021 (PK2021)

Pendataan Keluarga tahun 2021 menjadi program nasional BKKBN karena dilaksanakan pada awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2021-2024.  Pendataan Keluarga tahun 2021, BKKBN juga akan memasukkan indicator baru yang digunakan untuk mengukur Indeks Pembangunan Keluargayang diharapkan dapat menjawab kebutuhan data dan informasi keluarga untuk kepentingan penyusunan program dukungan/ intervensi oleh pemerintah dan mengakomodir kebutuhan sektor lain, khususnya dalam upaya mendukung pengembangan SDM Indonesia serta pengentasan keluarga dari kemiskinan/ketertinggalan.

Pendataan keluarga akan menghasilkan profil secara langsung akan menghasilkan profil keluarga termasuk proful pasangan usia subur yang sudah mengikuti program keluarga berencana maupun yang belum, menghasilkan data PUS yang akurat dan lengkap by name by adres, dimana basis data keluarga termasuk profil PUS ini tidak tersedia pada sumber data manapun, kecuali hanya dapat diperoleh pada saat pendataan keluarga.

Pendataan keluarga tahun 2021 , BKKBN memasukkan indicator baru yang akan digunakan untuk mengukur indeks pembangunan keluarga dan stunting yang diharapkan dpat digunakan sebagai sumber data dan informasi keluarga untuk program/dukungan / intervensi oleh pemerintah dan mengakomodir kebutuhn sector lain, khususnya dalam upaya mendukung pengembangan SDM Indonesia serta pengentasan keluarga dari kemiskinan dan ketertinggalan.

Bidang Latbang perwakilan BKKBN Provinsi NTB akan mengadakan pelatihan teknis pendataan keluarga 2021 pada tanggal 15-19 Februari 2021. Adapun sasaran pelatihan ini adalah Team Teaching dari Kabupaten/Kota se NTB. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta untuk menjadi pelatih dalam kegiatan Pelatihan Pendataan Keluarga 2021 (PK2021). Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah team teaching akan melaksanakan orientasi di tingkat Kabupaten/Kota dan kecamatan untuk melatih kader pendata. Pendataan…awal perencanaan keluarga. Mari sukseskan pendatan keluarga. (NN).