KEGIATAN PENYULUHAN KELUARGA BERENCANA DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA

Untuk menekan angka kelahiran dalam masa Pandemi Covid-19 Kodim 1607/Sumbawa melaksanakan Kegiatan  Keluarga Berencana Kesehatan bertempat di Aula Parikesit Makodim 1607/Sumbawa Kelurahan Uma Sima Kecamatan Sumbawa. Rabu, 31/03/2021.

Program Rutin dari Komando atas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anggota dan keluarga besar Kodim 1607/Sumbawa tentang hidup berumah tangga yang lebih berkualitas dengan Perencanaan dalam hal angka kelahiran.

Dalam sambutan saat membuka kegiatan, Kepala Staf Kodim 1607/Sumbawa Mayor Inf Achmad Nurodin Hidayat, S.Sos., mengatakan Kegiatan ini bukan hanya tentang reproduksi saja tapi Yang terpenting adalah kesehatan lingkungan dan keluarga apalagi sekarang dihadapkan dengan pandemi Covid 19.

” Dan saat ini kita hadapkan dengan masa pandemi covid 19 jadi kita harus menjaga keluarga kita dan memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan Covid 19 yang kita mulai dari tingkat keluarga kecil kita masing-masing”. Kata Kasdim.

Setelah memberikan sambutan oleh Kasdim 1607/Sumbawa, acara pun dilanjutkan dengan penjelasan tentang keluarga berencana dalam masa pandemi oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana Bapak Drs. Hayatuddin, MM.

Dalam penjelasannya Kabid KB menyampaikan ” dalam masa Pandemi ini terjadi meningkatnya angka kelahiran karena aturan yang membatasi aktifitas di luar rumah, jadi kami secara rutin dan lebih intens memberikan penyuluhan tentang Keluarga Berencana yang tujuannya menciptakan keluarga yang sejahtera dalam masa Pandemi Covid – 19″ jelas Kabid.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Saya Maya Febrianti Lestari, SH selaku Petugas Penyuluh Keluarga Berencana Kabupaten Sumbawa Perwakilan BKKBN Prov NTB memberikan penjelasan tentang Alat kontrasepsi dan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang ( MKJP ).

Kegiatan yang dihadiri oleh Anggota Kodim 1607 Sumbawa dan Persit KCK Cabang XXVI Kodim 1607 Sumbawa di tutup dengan Tanya jawab antara peserta kegiatan dengan Penyuluh Keluarga Berencana Kabupaten Sumbawa.

 

Oleh : Penyuluh Keluarga Berencana Ahli Muda Maya Febrianti Lestari, SH