PLT. KEPALA PERWAKILAN BKKBN NTB MEMBUKA KEGIATAN WORKSHOP PROGRAM KKBPK BAGI SDM KAB/KOTA

(Kamis, 04/04/19). Keberhasilan pengelolaan dan pelaksanaan program kependudukan dan KB di tingkat kecamatan sangat tergantung pada komitmen camat selaku penentu kebijakan di kecamatan. Seiring dengan perkembangan program dilaksanakan maka visi dan misi BKKBN yaitu penduduk tumbuh seimbang 2015 dengan misi mewujudkan pembangunan berwawasan kependudukan dan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera serta adanya perubahan lingkungan strategis di era desentralisasi (otonomi daerah) yang banyak memberikan pengaruh terhadap pengelolaan dan pelaksanaan program kependudukan di tingkat Kabupaten/Kota “ hal ini disampikan oleh Plt. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Drs. Sama’an, MSI pada pembukaan kegiatan workshop program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga bagi SDM Kab/Kota di Hotel Grand Madani-Mataram

Di Nusa Tengara Barat, sirkulasi mutasi terjadi setiap saat. Hal tersebut menyebabkan pengetahuan yang berbeda mengenai program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga belum maksimal. Dalam upaya menata kembali pengelolaan program kependudukan dan KB sampai ke tingkat Kabupaten/Kota bawah sebagai penjabaran grand strategi II maka seluruh perangkat yang ada perlu mendapatkan pengetahuan dan pemahaman yang sama tentang visi dan misi BKKBN sehingga dalam menetapkan kebijakan dapat lebih selektif terutama dalam pemanfaatan dukungan dana dan sarana operasional program kependudukan dan KB di tingkat kecamatan.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta menhgenai program KKBPK. Sasaran pelatihan kependudukan dan KB sejumlah 25 orang se NTB dengan kriteria pejabat struktural/fungsional umum lingkup OPD KB yang belum pernah mengikuti pelatihan program KKBPK dan KUPT/UPTB baru yang belum pernah mengikuti pelatihan program KKBPK. Bidang Latbang yang menginisiasi kegiatan ini mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan gambaran mengenai program KKBPK dan dapat disebarluaskan di tingkat lini lapangan. Untuk mensukseskan program ini, diperlukan kerjasama dengan mitra kerja BKKBN terutama di tingkat Kabupaten Kota. (NN).

h h