Depan > Index Berita > PENTALOKA PROGRAM KEPENDUDUKAN DAN KB BAGI CAMAT SE-NTB TAHUN 2013
PENTALOKA PROGRAM KEPENDUDUKAN DAN KB BAGI CAMAT SE-NTB TAHUN 2013
Selasa, 26 Maret 2013

Pentaloka-Camat.jpg


Mataram -- BkkbN online : Perwakilan BKKBN Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Pentaloka Program Kependudukan dan KB bagi Camat se NTB, yang akan di selenggarakan dari tanggal 25 s/d 27 Maret 2013 di Aula Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Jalan Catur Warga Mataram.

Dalam kegiatan tersebut  hadir 20 orang camat dari 10 Kabupaten/Kota se NTB. Adapun materi yang akan di sampaikan pada kegiatan Pentaloka Perogram KKB bagi camat ini adalah kebijakan dan strategi akselerasi program Kependudukan dan KB tahun 2013/2014, peran camat dalam program KKB, kebijakan dan strategi akselerasi bidang KB-KR, kebijakan dan strategi akselerasi KS-PK, kebijakan dan strategi akselerasi ADPIN, kebijakan dan strategi akselerasi DALDUK, dukungan manajemen pembangunan program KKB, kebijakan dan strategi akselerasi bidang Latbang dalam meningkatkan SDM program KKB, manajemen pengelolaan program KKB tingkat kecamatan dan peran program KKB dalam menurunkan AKI dan AKB.

Pentaloka Program KKB bagi camat ini merupakan langkah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta komitmen terhadap program KKB dalam upaya mempercepat pencapaian kontrak kinerja program KKB di wilayah kecamat.

Drs. Misah Asy’ari dalam laporannya menyampaikan bahwa “keberhasilan pengelolaan dan pelaksanaan Program Kependudukan dan KB di tingkat kecamatan sangat tergantung pada komitmen camat selaku penentu  kebijakan di tingkat kecamatan. Seiring dengan perkembangan program di era desentralisasi maka visi dan misi BKKBN yaitu Penduduk Tumbuh Seimbang 2015 dengan misi Kewujudkan Pembangunan Berwawasan Kependudukan dan Mewujudkan Keluarga kecil Bahagia serta adanya perubahan lingkungan strategis di era desentralisasi (otonomi daerah) yang benyak berpengaruh terhadap pengelolaan dan pelaksanaan program kependudukandan KB di kecamatan.

Pentaloka-Camat2.jpg

Nusa Tenggara Barat terdapat sejumlah camat yang baru karena adanya mutasi dan pemekaran wilayah baru sehinggapengetahuan dan pemahaman tentang Program Kependudukandan KB belum maksimal. Kegiatan ini diharapkan agar dapat meningkatkan pengetahuan dan komitmet para camat dalam pengelolaan dan pelaksanaan program kependudukandan KB di wilayahnya”, ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut PLT Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTB Dra. Virginia Anggraini, MA dalam sambutanya mengatakan bahw, “Kegiatan entaloka Program KKB bagi Camat se-NTB merupakan kegiatan yang saya anggap penting dan strategis karena pada pertemuan ini para peserta akan membahas dan mendiskusikan serta merumuskan hal-hal yang strategis operasional program KKB di lini lapangan.  Untuk itu kami harapkan seluruh peserta agar mengikuti seluruh kegiatan pentaloka ini dengan baik.

Di era otonomi daerah merupakan perwujudan dari reformasi sistem politik dan pemerintahan di negara kita dengan otonomi daerah yang dihajatkan untuk dapat meningkatkan pembangunan sesuai potensi daerah masing-masing dan meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat, tetapi kenyataan yang kita hadapi sampai saat ini masih melemahnya sendi program pembangunan termasuk program KKB, maka untuk itu keberhasilan program KKB tidak lepas dari komitmen dan dukungan dari camat dan mitra kerja BKKBN sehingga tidak sedikit keberhasilan yang kita capai dalam bidang pembangunan berbasis KKB”, tutur PLT Kepala dalam sambutanya. (yd)