PIL KB PENYELAMAT DISAAT PANDEMI

Berbagai macam kebijakkan dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk mengendalikan laju penyebaran kasus Covid -19, salah satu kebijakkan yang dirasakan masyarakat secara langsung ialah himbauan supaya dirumah saja dan work from home. Namun nyatanya, pandemi corona bukan semata – mata masalah yang tengah dihadapi pemerintah saat ini.kebijakkan agar dirumah saja ternyata menyumbang kasus kehamilan yang meningkat ditengah pandemi corona.

Hal ini dibenarkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ( BKKBN ) .Berdasarkan data, ada lebih dari sekitar 400.000 kehamilan yang tidak direncanakan. Kehamilan yang tidak diinginkan rentan menyebabkan sistem imun tubuh calon ibu menurun , sehingga bisa menambah potensi penularan Corona bagi diri sendiri dan orang lain.

Pencegahan kehamilan lebih baik dilakukan pada masa Pandemi Covid -19 ini namun, karena disebabkan  susahnya mengakses sarana kesehatan atau bertemu langsung dengan petugas kesehatan  selama pandemi Covid -19 ini ,Pasangan Suami istri kami anjurkan bisa menggunakan PIL KB sebagai alat kontrasepsi sementara .

Pil KB adalah metode kontrasepsi yang memiliki efek hormonal, membantu mengatur siklus hormon dalam tubuh, kandungan hormon dalam metode pil dapat mengatur siklus haid yang tidak teratur menjadi teratur, cara penggunaan nya adalah harus diminum pada waktu yang sama karena fungsi hormon estrogen dan progesteron yang terkandung dalam pil KB hanya efektif bekerja selama 24 jam .

Fungsi utama pil KB sendiri adalah mencegah pelepasan sel telur dari indung telur serta mengentalkan lendir leher rahim sehingga dapat menganggu pertemuan antara sperma dan sel telur dan pada akhirnya tidak terjadi kehamilan , tapi yang perlu diingat seorang yang menderita hipertensi dan diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi pil KB sebagai alat kontrasepsinya.

Pil KB sendiri mudah didapatkan di  apotek- apotek terdekat atau ditoko-toko online shop.Diharapkan juga apabila sudah tidak diberlakukan PSBB maka pasangan suami istri bisa mengganti alat Kontrasepsi dengan metode kontrasepsi jangka panjang di layanan kesehatan atau klinik KB terdekat .

Sebagai Penyuluh Keluarga Berencana kita harus menanamkan rasa sadar menggunakan alat kontrasepsi pada pasangan usia subur ditengah pandemi ini,sampaikan secara tuntas dan lengkap pada calon – calon akseptor dan pasangan usia subur tentang jenis dan fungsi semua alat kontrasepsi walaupun penyuluhan nya melalui media daring .

Jika pilihan alat kontrasepsi  hanya bisa memungkinkan menggunakan pil KB maka anjurkan lah menggunakan Pil KB , yang penting tujuan  untuk  menghindari terjadi nya kehamilan yang tidak direncanakan dan untuk melindungi kesehatan perempuan,serta ibu dan calon bayi bisa tetap tercapai.

Marilah kita bersama – sama berdoa semoga pandemi Covid -19 ini cepat berlalu sehingga tugas dan fungsi kita sebagai Penyuluh Keluarga Berencana bisa berjalan lagi seperti biasanya

 

Oleh : Rika Oktarini S.Sos Penyuluh KB Ahli Muda Kecamatan Labuhan Badas Kabupaten Sumbawa