1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN CEGAH STUNTING

1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan masa kritis yang menentukan masa depan anak, 1000 Hari Pertama Kehidupan  menentukan kualitas kesehatan pertumbuhan dan perkembangan anak,  1000 Hari Pertama Kehidupan adalah fase kehidupan yang dimulai sejak terbentuknya janin pada kehamilan ( 280 hari /40 minggu dalam kandungan ) sampai dengan anak berusia 2 tahun ( 720 hari ). Pada feriode ini organ – organ vital seperti otak, jantung,ginjal, tulang,tangan, kaki dan organ tubuh lainnya mulai terbentuk dan terus berkembang dengan pesat . 1000 HPK menentukan kualitas kesehatan, pertumbuhan, dan perkembangan anak. Jadi 1000 HPK sangat penting  karena merupakan periode EMAS .Dan terjadi perkembangan otak yang sangat cepat.

Pada 1000 HPK perkembangan otak anak sangat pesat  , terbukti sebelum 1000 HPK otak / tengkorak masih terbuka menandakan otaknya masih berkembang begitu 1000 HPK atau 24 bulan sudah menutup baik ubun – ubun depan maupun belakang , menandakan otak sudah tidak banyak berkembang karena tempatnya terbatas.

Ibu hamil yang mengalami status gizi kurang mengalami KEK ( Kekurangan Energi kronis ) ditandai dengan lingkar lengan atas kurang dari 23,5 cm , Anemia, asupan gizi tidak mencukupi kebutuhan berpotensi akan menyebabkan gangguan gizi pada bayi dan balita apabila anak mengalami kekurangan gizi pada 1000 HPK salah satunya stunting maka dapat menyebabkan dampak buruk pada masa depan anak. Stunting  adalah kondisi gagal tumbuh pada anak berusia dibawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, kondisi ini ditandai dengan ukuran panjang / tinggi badan berada dibawah minus dua standar deviasi panjang/ tinggi anak seumurnya .

Pada dasarnya stunting dapat dicegah sejak kehamilan dengan cara :

  1. Ibu hamil perlu mendapatkan asupan gizi seimbang selama kehamilan ditambah dengan mengkonsumsi tablet tambah darah, asam folat, kalsium,dan iodium.
  2. Ibu hamil perlu melakukan pemeriksaan minimal 6 kali selama masa kehamilan yaitu 4 kali pemeriksaan kebidan dan 2 kali pemeriksaan ke dokter ahli kandungan untuk mengetahui pertumbuhan janin selama dalam kandungan. Dan dilanjutkan dengan
  3. Melakukan IMD ( Inisiasi Menyusu Dini ) sebagai langkah penting untuk membantu bayi dalam memulai proses menyusui.
  4. Pemberian ASI eksklusif 6 bulan setelah itu ASI tetap diberikan sampai bayi berumur 2 tahun
  5. Makanan Pendamping ASI yang bergizi
  6. Ibu dapat membawa bayi secara rutin setiap bulan ke posyandu untuk menimbang berat badan dan mengukur panjang badan dan mendapatkan imunisasi dasar lengkap untuk membentuk system kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tertentu.
  7. Pola Asuh yang baik dengan tidak membuat anak menjadi stress.
  8. Jaga anak jangan sering sakit.

Selanjutnya jangan lupa selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memberikan ASI, sebelum menyiapkan dan memberikan MP ASI, sesudah membersihkan kotoran bayi,sebelum makan dan setelah BAB agar ibu dan anak tidak mengalami sakit pada periode Emas.

Pada 1000 HPK Kemampuan dasar manusia berkembang pada 6 bulan kemampuan dasar yang berkembang adalah Penglihatan, pendengaran, bahasa, bicara, emosi dan pada dan 6- 24 bulan kemampuan dasar yang berkembang adalah logika, kemandirian, interaksi,motoric . Bila 1000 HPK ini gagal maka gagallah semuanya dan bila 1000 HPK ini terganggu bila mengalami stunting dihari tua resiko kesakitan dan kematian jauh lebih besar begitu juga diusia balita resiko kematian juga tinggi.Jika periode Emas ini tidak dimaksimalkan dan diberikan stimulus yang baik maka akan terjadi beberapa hal yang dapat mempengaruhi masa depan antara lain  kurang gizi ,gangguan tumbuh kembang, terlambat bicara,  terlambat jalan, berdampak pada kecerdasan. Periode 1000 HPK mempengaruhi pertumbuhan dan kecerdasan bayi . Kurang Gizi pada 1000 HPK tidak dapat diperbaiki dimasa kehidupan selanjutnya.

 

Oleh : St Uswatun Hasanah Penyuluh KB Madya